Senin, 11 Mei 2009

EXCURSION TOUR : MEET TRADITIONAL HEALER (BALIAN)

Bila anda wisatawan pencinta magis atau ingin mengungkap rahasia seorang dukun tradisional (balian) maka jangan pernah lewatkan satu produk wisata alternatif yang bernama “meet traditional healer (balian)”. Jenis excursion tour ini tergolong unik karena wisatawan dipertemukan langsung dengan dukun tradisional (balian) melalui jasa pramuwisata. Balian sebagai salah satu kontributor untuk menciptakan pengalaman wisatawan yang berbeda dan untuk meyakinkan wisatawan bahwa di Bali jauh sebelum mengenal rumah sakit telah ada sistem pengobatan tradisional yang dikenal dengan “usadha” (menggunakan sarana tumbuh-tumbuhan yang mengandung khasiat obat). Usadha adalah peninggalan para leluhur yang sampai saat ini masih dipertahankan keberadaannya oleh masyarakat. Pengobatan tradisional ini bersumber dari kitab pengobatan Hindu yang umurnya telah ribuan tahun yaitu Ayurweda.
Adapun produk ini dikemas untuk memperkenalkan kepada wisatawandan memuaskan rasa keingintahuan mereka terhadap kekuatan magis dan bahwa di Bali dari zaman dulu telah memiliki pengobat atau dokter tradisional yang disebut “balian”. Dengan keahliannya mereka bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit yang terdeteksi oleh dokter dan bahkan bisa menyembuhkan jenis penyakit yang tak terdeteksi oleh alat periksa canggih sekalipun. Di Bali terdapat lima jenis balian dengan masing-masing keunggulannya. Pertama, balian usada adalah seseorang dengan sadar belajar tentang ilmu pengobatan, baik melalui guru, belajar pada balian yang lebih senior, maupun belajar sendiri melalui sumber-sumber dari kitab. Kedua, balian ketakson adalah seseorang yang mendapat keahlian melalui taksu. Taksu adalah kekuatan gaib yang masuk kedalam diri seseorang dan mempengaruhi orang tersebut, baik cara berfikir, berbicara maupun tingkah lakunya. Karena kerasukan taksu itulah orang tersebut mampu mengobati orang yang sakit. Ketiga, balian kapican adalah orang yang mendapat benda bertuah dalam beragam bentuk seperti uang kepeng, keris dan batu permata yang dapat dipergunakan untuk menyembuhkan orang sakit. Balian jenis kedua dan ketiga biasanya tidak bertahan lama. Keampuhannya bisa hilang setiap saat bila Yang Kuasa menghendakinya. Keempat, balian panengen adalah balian yang berusaha berbuat baik , berupaya untuk mengobati pasiennya agar sembuh seperti sedia kala. Kelima, balian Pangiwa adalah balian yang membuat penyakit atas pesanan orang lain atau dia ingin memamerkan keahliannya sehingga seseorang jatuh sakit. Dengan kemampuannya, dia dapat menyembuhkan orang yang dibuatnya sakit menjadi sembuh seperti semula. Jenis balian ini disebut balian ugig ( usil atau jahil) dan masyarakat Bali kerap mengatakan balian ini bisa ngeleak. Ada beberapa cara yang dipakai untuk membuat orang jatuh sakit oleh balian ugig melalui :

1. Desti adalah kekuatan gaib yang bisa membuat orang jatuh sakit dengan menggunakan sarana dari bagian tubuh seseorang yang akan dibuat sakit seperti rambut, kuku, tanah bekas pijakannya, pakaian, foto atau boleh diganti dengan telor ayam berwarna merah (biing) dan air. Benda-benda itu dirajah (gambar magis) lalu diberi mantera dengan gambar sesuai bencana yang diinginkannya dan balian akan menyebut nama yang akan dibencanai tepat tengah malam. Pada saat itu pula orang yang dituju jarak jauh merasakan keanehan pada dirinya dan jatuh sakit.

2. Pepasangan adalah rerajahan (kekuatan magis) yang ditanam secara rahasia di pekarangan orang yang akan dibencanai disertai mantera. Adapun benda yang dipakai pepasangan adalah daun rontal, kertas, tulang binatang, gigi binatang, rambut, jarum, sabut kelapa, logam dan sebagainya.

3. Leak adalah sosok tubuh balian yang dapat berubah jadi mahluk yang diinginkan seperti kera, babi, anjing bahkan dapat berwujud sepeda motor atau mobil atau hanya berupa api atau sinar. Hal ini adalah suatu ilusi dengan menyulap atau menyihir mata kita sehingga orang barat mengidentikkan dengan kekuatan yang disebut black magic.

4. Bebahi atau bebai adalah penyakit yang dibuat dari raga janin dan kanda pat (ari-ari, lamad, yeh nyom, getih). Setelah benda-benda ini diupacarai dan dirajah serta diberi mantera maka dikirimlah sarana ini secara gaib ke orang yang akan dibencanai. Bila mampu masuk kedalam tubuhnya maka orang tersebut akan terkena penyakit bebahi atau bebainan.

5. Teluh, Teranjana dan Moro: Teluh adalah sesosok mahluk mirip manusia dengan muka bengkak dan mata besar mencorong seperti rangda. Teranjana adalah berwujud bayangan manusia yang nerawang. Moro semacam leak yang dapat menyebabkan penyakit moro. Ketiga bentuk ini bila menyerang seseorang akan menyebabkan pingsan setiap saat, Kadang-kadang berbicara sendiri seperti orang setengah sadar tanpa ujung pangkal.

Uniknya, jenis-jenis penyakit non medis yang dibuat oleh balian pengiwa ini bisa ditangkal dan diobati oleh balian penengen, balian usada, balian ketakson dan balian kapican. Bila anda wisatawan yang ingin meramal nasib masa depan termasuk perkembangan bisnis, harmonisasi keluarga dan ingin menjaga hubungan baik dengan staf atau relasi di kantor, pastikan kunjungi salah seorang healer (balian) disela-sela liburan anda di Bali.
Menyikapi makin banyaknya permintaaan wisatawan untuk berinteraksi langsung dengan healer (balian), maka sejak tahun 2007 yang lalu peluang ini dirintis oleh Bali Tours & Travel. Berikut adalah jadwal tour bertemu balian, lokasi dan harga.

No.
Lokasi / Jadwal
Jenis Tour
Harga
01. Sanur, Denpasar, Kuta, Nusa Dua, Kerobokan, Ubud (setiap hari kecuali bulan mati (tilem), purnama (bulan penuh) dan kliwon (hari raya)
Half day tour (5–6 hours)
US $ 70/Person termasuk return transfer, offerings (sesajen), fee (sesari) untuk healer ( balian ).

02. Singaraja, Tabanan, Bangli, Karangasem, Negara, Klungkung (setiap hari kecuali bulan mati (tilem), purnama (bulan penuh) dan kliwon (hari raya).
Full day tour (10 hours)
US $ 100/Person termasuk return transfer, offerings, sesari (fee) to the healer ( balian ).




Untuk Reservasi hubungi :
Bali Tours & Travel
Phone : 0361 – 287720 atau langsung melalui tour guide incharge.

1 komentar:

  1. jika anda rasa didalam pekarangan anda terdapat pepasangan/tetaneman, kami siap mengangkat pepasangan/tetaneman tersebut tanpa harus menggali lubang didalam rumah anda. masalah biaya??? jangan khawatir!!!! cukup sesari seiklasnya. sebelum kami memulai mengangkat pepasangan/tetaneman, kami akan melakukan penyisiran dulu kerumah anda. untuk info, hub 0361 2129388

    BalasHapus

Pengikut