Senin, 01 Juni 2009

Jati Luwih




Jati luwih terletak di kabupaten Tabanan dengan luas daerah persawahan 303 hektar terhitung sejak tahun 2000 – 2008 dan menjadi nominasi warisan budaya dunia. Terdapat dua situs di jati luwih yaitu situs alam dan situs budaya. Situs alam nya adalah sawah seluas 303 hektar dan situs budayanya yaitu cultural landscape Bali seperti Pura Luhur Petali beserta pura swadarma – nya, kegiatan ritual di sawah, Tari Sang Hyang Memedi (Tari Sakral) dan menara jepang.
Menurut Agus Muriawan Putra dari program magister pariwisata Udayana menybutkan selain potensi parhyangan yang disebutkan diataa masih ada aktivitas pawongan atau masyarakat nya yang bias dijadikan potensi yaitu aktivitas disawah seprti mencangkul disawah, nampadin, ngelampit melasah, nandur. Aktivitas setelah panen yaitu negen padi ke lumbung, nebuk padi. Seni budaya masyarakatnya seperti jogged, gong wanita, arja, topeng, wayang, dan beberapa sekaa seperti sekaa shanty, sekaa angklung, dan lain – lain. Selain itu dari segi pelemahannya jati luwih terkenal akan sawahnya yang berterasering, perkebunan, hutan pegunungan, sarana trekking , cycling, pemukiman masyarakat tradisional.Keunggulan sawah di jati luwih yaitu menghasilkan padi merah cendana, beras coklat dan pemandangan hamparan sawah yang sangat indah.
Beberapa kendala yang dihadapi jati luwih yaitu prasarana jalan, SDM, fasilitas kepariwisataan seperti sarana parker, akomodasi local, tourist informasion, souvenir, toilet umum, guide local, open stage, pengelolaan dan promosi, adapan kendala ekternalnya yaitu kondisi politik global, kebijakan tata ruang, mewabahnya penyakit, merebaknya kasus criminal serta penurunan citra Bali.
Namun dari semua kendala ini jati luwih masih tetap menjaga kelestariannya karena mereka mempercai mitos – mitos yang sangat mereka pegang teguh dan tidak berani melanggarnya. Seperti melakukan pujawali di Pura Luhur Petali, mengadakan pengaci ke hutan, di danau tamblingan dan disawah. Hal ini harus dilaksanakan dan memiliki waktu dan hari yang sudah ditentukan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut